CEO Volkswagen yang baru ditunjuk Matthias Mueller tersenyum dalam pernyataan pers setelah pertemuan dewan pengawas Volkswagen di Wolfsburg, Jerman, Jumat, setelah CEO Martin Winterkorn mengundurkan diri pada hari Rabu di tengah skandal emisi. (AP / Michael Sohn)

Dewan Volkswagen menunjuk kepala unit Porsche sebagai CEO pada hari Jumat, menyerahkan pada orang dalam perusahaan lama Matthias Mueller tugas untuk mencoba memimpin pembuat mobil terlaris di dunia melewati skandal emisi yang terus meningkat.

Perusahaan itu juga mengatakan akan menangguhkan beberapa karyawan dan akan mengatur ulang operasinya di Amerika Utara setelah mengakuinya menggunakan perangkat lunak mesin untuk menipu pada tes emisi mobil diesel di AS.

Keputusan datang setelah CEO sebelumnya, Martin Winterkorn, berhenti dari pekerjaan minggu ini karena skandal, yang telah merobek reputasi perusahaan.

Perusahaan dapat didenda berat dan dipukul dengan gugatan class action yang menelan biaya miliaran. Itu juga harus memperbaiki pemrograman yang katanya ada di sekitar 11 juta mobil di seluruh dunia, jauh lebih dari 482.000 yang diidentifikasi pekan lalu oleh otoritas AS.

Judibolamu – Mueller yang berusia 62 tahun, yang telah menghabiskan karirnya dengan merek-merek Volkswagen Group, mengakui bahwa ia mengambil pekerjaan itu “pada saat di mana perusahaan kami menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saya menghargai ini, tetapi saya juga menghadapi tugas ini dengan percaya diri. ”

Berbicara di markas Volkswagen di Wolfsburg, Jerman, dia mengatakan dia akan “melakukan segalanya untuk mendapatkan kembali kepercayaan pelanggan kami, karyawan kami, mitra kami, investor dan seluruh masyarakat.

“Kami mendukung tanggung jawab kami,” katanya. “Kadang-kadang, kesabaran kami dan Anda akan diuji, tapi … kehati-hatian bahkan lebih penting daripada kecepatan.”

Mueller mengatakan “sangat menentukan bahwa hal seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi di Volkswagen. Jadi kami akan memperkenalkan kepatuhan yang lebih ketat dan standar tata kelola di perusahaan.”

Dia berjanji untuk membuat Volkswagen “perusahaan yang lebih kuat.”

Risiko utama dari keputusan VW untuk pergi dengan orang dalam adalah bahwa beberapa di pasar dapat menganggap Mueller “ternoda” oleh asosiasi dengan krisis, kata Jason Hanold, mitra pengelola Evanston, firma pencarian eksekutif Hanold Associates yang berbasis di Illinois.

Keuntungannya, katanya, adalah bahwa pengetahuan Mueller tentang perusahaan menawarkan peluang “daya tarik yang lebih cepat untuk membantu membasmi masalah dalam organisasi.”

Bertindak Ketua Dewan Pengawas Berthold Huber memuji Mueller “strategis, kewirausahaan dan kompetensi sosial” dan “kritis dan konstruktif” pendekatan.

“Dia mengenal grup dan merek-mereknya dengan baik dan dapat segera melakukan tugas barunya dengan energi penuh,” kata Huber.

Winterkorn, yang telah menjadi CEO sejak 2007, mengatakan dia bertanggung jawab atas “penyimpangan” yang ditemukan oleh inspektur AS di mesin diesel VW, tetapi bersikeras dia secara pribadi tidak melakukan kesalahan.

Volkswagen menawarkan beberapa rincian baru pada Jumat tentang dampak skandal itu.

“Dewan pengawas, berdasarkan informasi saat ini, merekomendasikan penangguhan beberapa karyawan segera sampai seluruh kasus diselesaikan,” kata Huber. “Ini, sebagian, sudah terjadi.”

Dia tidak merinci, dan sebuah pernyataan dari Volkswagen tidak menyebutkan secara spesifik siapa karyawannya, pada tingkat apa atau di mana mereka bekerja.

Kepala dewan karyawan VW, Bernd Osterloh, mengatakan bahwa Volkswagen “perlu awal baru” dengan “budaya perusahaan yang berbeda.”

Osterloh, yang juga duduk di dewan pengawas, mengatakan, “Kita perlu untuk masa depan iklim di mana masalah tidak disembunyikan tetapi dikomunikasikan secara terbuka kepada atasan.” Dia memuji Mueller sebagai “pemain tim.”

Mueller membawa pengalaman dengan beberapa dari 12 merek Volkswagen untuk pekerjaan barunya di kepala kelompok otomotif yang luas dengan hampir 600.000 karyawan di seluruh dunia.

Dia adalah pembuat alat magang di Audi antara menyelesaikan sekolah menengah dan belajar ilmu komputer di Universitas Munich Ilmu Terapan. Mueller kembali ke Audi pada tahun 1978 dan bekerja keras untuk menjadi kepala manajemen produk untuk Audi, Seat dan Lamborghini.

Pada 2007, Mueller menjadi kepala manajemen produk untuk Grup Volkswagen. Dia telah menjadi kepala eksekutif Porsche sejak 2010 dan anggota dewan manajemen induk Volkswagen sejak Maret.

Bersamaan dengan pengangkatan Mueller, dewan pengawas juga menyetujui perubahan pada struktur manajemen yang bertujuan untuk mengurangi kompleksitas dan memperkuat merek dan wilayah.

Itu termasuk reorganisasi bisnis Amerika Utara di bawah Winfried Vahland, sampai sekarang ketua dewan direksi di merek Skoda yang berbasis di Ceko.

Perusahaan itu mengatakan Michael Horn akan tetap sebagai presiden dan CEO Volkswagen Group of America, tetapi pasar AS, Kanada dan Meksiko akan “digabungkan dan secara signifikan diperkuat” untuk membentuk “wilayah Amerika Utara” yang baru.

Dewan meminta perekrutan pengacara Jerman dan Amerika “untuk menyelidiki secara objektif dan sepenuhnya memperjelas manipulasi data emisi mesin diesel.” Itu tidak menentukan siapa mereka.

Volkswagen belum menjelaskan secara lengkap mobil apa yang berisi perangkat lunak yang dicurigai dan di mana mereka dijual. Pada hari Jumat, bagaimanapun, dikatakan kendaraan termasuk 5 juta mobil yang dibuat oleh merek inti Volkswagen ‘???? dengan model seperti Golf generasi keenam, Passat generasi ketujuh dan Tiguan generasi pertama yang mengandung mesin yang bersangkutan.

Di Jerman, Menteri Transportasi Alexander Dobrindt mengatakan kepada Parlemen bahwa 2,8 juta kendaraan di Jerman terkena dampak ‘???? mesin diesel dengan mesin 2 liter dan 1,6 liter dan mungkin dengan mesin 1,2 liter. Dia mengatakan kendaraan komersial ringan juga memiliki mesin.

Pihak berwenang Jerman bertanya kepada Volkswagen apakah dapat menghilangkan manipulasi emisi dan mengatakan mereka mengharapkan “jadwal yang mengikat” untuk menemukan solusi teknis dan mengimplementasikannya, kata Dobrindt.

Ketika ia mengumumkan penunjukan Mueller, Huber menawarkan permintaan maaf lain atas apa yang disebutnya “bencana moral dan politik.”

“Atas nama dewan pengawas, saya meminta maaf dalam segala hal kepada pelanggan kami, publik, pihak berwenang dan investor,” katanya. “Aku bertanya pada kalian semua: Beri Volkswagen kesempatan untuk memperbaiki kerusakan dan mengembalikan kepercayaan yang hilang.”