Setelah pengacara Presiden Donald Trump berusaha untuk menjaga kerahasiaan klaim mereka atas hak istimewa dalam dokumen-dokumen yang disita oleh Michael Cohen, hakim federal Kimba Wood mengatakan kepada mereka bahwa mereka harus secara terbuka menyampaikan keberatan mereka terhadap penunjukan hak istimewa pengacara-pengacara khusus. .

Satu-satunya hal yang Trump dapat diskusikan secara rahasia dengan pengadilan akan menjadi “esensi dari dokumen yang ditentang,” Wood mengatakan Jumat.

Beberapa organisasi berita, termasuk CNN, meminta Wood untuk mempertahankan “sebanyak mungkin transparansi dalam proses ini” dan sehubungan dengan dokumen yang ingin mereka simpan di bawah hak istimewa pengacara-klien.

 

Pada hari Senin, guru khusus yang ditunjuk untuk meninjau materi yang disita untuk barang-barang yang mungkin dilindungi oleh hak istimewa pengacara-klien mengatakan bahwa jumlah yang sangat kecil jatuh ke dalam kategori itu.

Guru khusus, Barbara Jones, mengatakan bahwa 162 artikel dari 292.409 artikel yang dia tinjau adalah hak istimewa. Tiga item yang dikatakannya “sangat pribadi”.

Pada sidang pekan lalu, pengacara Cohen mengatakan mereka telah meninjau sekitar sepertiga dari lebih dari 3,7 juta barang yang disita dalam serangan itu. Hakim menyerahkan mereka sampai 15 Juni untuk menyelesaikan pemeriksaan dokumen.

Dokumen-dokumen di pusat masalah itu disita selama serangan April di apartemen FBI, kantor dan kamar hotel di Cohen. Dalam beberapa minggu dan bulan sejak penggerebekan itu, para pengacara Trump telah mencoba untuk menghentikan tinjauan pemerintah atas dokumen-dokumen itu.