Amerika Serikat menarik dua orang lagi dari kedutaan AS di Havana, Kuba, karena masalah kesehatan, menurut seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri.
Ini adalah “kasus-kasus baru yang berpotensi” dari penyakit misterius yang melanda para karyawan kedutaan, tetapi petugas memperingatkan bahwa kedua orang itu sedang menjalani evaluasi medis dan belum “dikonfirmasi secara medis.”
Di masa lalu, beberapa pejabat telah mencirikan insiden di kedutaan sebagai “serangan sonik” atau “serangan akustik” karena sering bertepatan dengan suara bernada tinggi. Pejabat AS UU Mereka telah merinci bagaimana staf di Kuba mengalami berbagai gejala termasuk sakit telinga akut, sakit kepala, dering di satu telinga, vertigo, disorientasi, masalah perhatian dan tanda-tanda yang konsisten dengan cedera otak traumatis ringan atau gegar otak.

CNN melaporkan awal pekan ini bahwa beberapa personel AS di China telah dikirim ke Amerika Serikat untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut setelah kekhawatiran atas laporan insiden akustik misterius yang mirip dengan “serangan sonik” di Kuba.
Sekretaris Negara Mike Pompeo pada hari Selasa mengumumkan pembentukan gugus tugas dalam menanggapi “insiden kesehatan yang tidak dapat dijelaskan” yang mempengaruhi diplomat AS dan keluarga mereka.
Sebuah studi awal tahun ini menggambarkan sejauh mana masalah tersebut, tetapi Departemen Luar Negeri belum menunjukkan penyebab spesifik di balik insiden misterius tersebut.
Associated Press adalah yang pertama melaporkan kemungkinan kasus baru di Kuba.